1 Habit for Women Action Takers: Life Changing Habits from the Happiest Achieving Women on the Plane

1 Habit for Women Action Takers: Life Changing Habits from the Happiest Achieving Women on the Plane

Matematika Bingung Juga ;_;
________________
Masih soal olimpiade

Pada penjumlahan di gambar ini, setiap huruf yang berbeda mewakili digit unik yang berbeda juga. Jika S mewakili 6, dan E mewakili 8, berapa angka yang dilambangkan oleh SIX?, dimana SIX membentuk deret aritmatika.
A. 543
B. 654
C. 765
D. 876

Konsep terlampirrr​

Bingung Juga ;_;
________________
Masih soal olimpiade

Pada penjumlahan di gambar ini, setiap huruf yang berbeda mewakili digit unik yang berbeda juga. Jika S mewakili 6, dan E mewakili 8, berapa angka yang dilambangkan oleh SIX?, dimana SIX membentuk deret aritmatika.
A. 543
B. 654
C. 765
D. 876

Konsep terlampirrr​

Angka yang dilambangkan oleh SIX adalah 654.

(opsi B - dengan catatan)

Pembahasan

Aritmatika Dasar dan Teori Bilangan

Dengan hanya melihat opsi jawaban saja, kita sudah bisa simpulkan bahwa angka yang dilambangkan dengan [tex]\verb|SIX|[/tex] adalah 654, karena [tex]\verb|S| = 6[/tex] dan [tex]\verb|(S, I, X)|[/tex] membentuk deret aritmatika. Opsi lainnya tidak memuat angka ratusan 6.

Akan tetapi, mari kita selesaikan secara lebih matematis.

[tex]\large\text{$\begin{aligned}\tt S\ E\ V\ E\ N\\\tt S\ E\ V\ E\ N\\\tt S I X\\\underline{\qquad\qquad\quad}&\ +\\\tt T\ W\ E\ N\ T\ Y\\\end{aligned}$}[/tex]

dengan [tex]\verb|S| = 6[/tex], [tex]\verb|E| = 8[/tex], dan [tex]\verb|(S, I, X)|[/tex] membentuk deret aritmatika.

Maka:

[tex]\verb|I|=\verb|S|+b[/tex] dan [tex]\verb|X|=\verb|S|+2b[/tex], dengan [tex]b[/tex] menyatakan beda/selisih antarsuku.

Kita substitusi [tex]\verb|S|[/tex] dan [tex]\verb|E|[/tex] terlebih dahulu.

[tex]\large\text{$\begin{aligned}\tt 6\ 8\ V\ 8\ N\\\tt 6\ 8\ V\ 8\ N\\\tt 6\ I\ X\\\underline{\qquad\qquad\quad}&\ +\\\tt T\ W\ 8\ N\ T\ Y\\\end{aligned}$}[/tex]

Perhatikan digit ribuan. Jika [tex]C[/tex] menyatakan "simpanan" penjumlahan (carry) dari digit ratusan, maka:

[tex]\begin{aligned}&(8+8+C)\!\mod10=8\,,\ 1 \le C \le 9\\&\rightsquigarrow(16+C)\!\mod10=8\\&\rightsquigarrow(16\!\mod10)+C=8\\&\rightsquigarrow6+C=8\\&\therefore\ C=\bf2\end{aligned}[/tex]

Jadi, "simpanan" penjumlahan dari digit ratusan adalah 2. Dan oleh karena itu, "simpanan" penjumlahan dari digit ribuan adalah hasil pembagian bilangan bulat [tex](2+8+8)\div10=1[/tex].

[tex]\large\text{$\begin{aligned}\tt2\qquad\:\:\\\tt 6\ 8\ V\ 8\ N\\\tt 6\ 8\ V\ 8\ N\\\tt 6\ I\ X\\\underline{\qquad\qquad\quad}&\ +\\\tt T\ W\ 8\ N\ T\ Y\\\end{aligned}$}[/tex]

Kita sudah dapat mengetahui nilai digit [tex]\verb|W|[/tex] dan [tex]\verb|T|[/tex], yaitu [tex]\verb|W|=(1+6+6)\!\mod10=3[/tex], dan [tex]\verb|T|[/tex] sama dengan "simpanan" penjumlahannya, yaitu hasil pembagian bilangan bulat [tex](1+6+6)\div10=1[/tex].

[tex]\large\text{$\begin{aligned}\tt1\ 2\qquad\:\:\\\tt6\ 8\ V\ 8\ N\\\tt 6\ 8\ V\ 8\ N\\\tt 6\ I\ X\\\underline{\qquad\qquad\quad}&\ +\\\tt1\ 3\ 8\ N\ 1\ Y\\\end{aligned}$}[/tex]

Pada digit ratusan:

[tex]\begin{array}{cccccc}&20 & \le & \verb|N| & \le & 29\\\rightsquigarrow&20 & \le & 2\verb|V|+6 & \le & 29\\\rightsquigarrow&14 & \le & 2\verb|V| & \le & 23\\\rightsquigarrow&7 & \le & \verb|V| & \le & \left\lfloor\frac{23}{2}\right\rfloor\\\rightsquigarrow&\bf7 & \le &\verb|V| & \le & \bf11\end{array}[/tex]

Karena [tex]\verb|V|[/tex] adalah bilangan satu digit, maka yang berlaku adalah [tex]{\bf7} \le \verb|V| \le {\bf9}[/tex].

Pada digit puluhan:

[tex]\begin{aligned}&(8+8+\verb|I|)\!\mod10=1\,,\ 0 \le \verb|N| \le 9\\\rightsquigarrow\ &(16+\verb|I|)\!\mod10=1\\\rightsquigarrow\ &16+\verb|I|=10k+1\,,\ k\in\mathbb{N}\end{aligned}[/tex]

Karena [tex]\verb|I|[/tex] bilangan satu digit, maka nilai [tex]k[/tex] yang memenuhi adalah [tex]k=2[/tex], karena jika [tex]k=1[/tex], maka [tex]\verb|I| < 0[/tex], dan jika [tex]k > 2[/tex], maka [tex]\verb|I| > 9[/tex]. Dengan [tex]k = 2[/tex], hasil penjumlahan pada bilangan puluhan adalah [tex]10k+1=21[/tex], sehingga terdapat bilangan "simpanan" untuk penjumlahan digit ratusan. Dan dengan [tex]k=2[/tex], maka [tex]\verb|I| = 5[/tex].

[tex]\large\text{$\begin{aligned}\tt1\ 1\ 2\qquad\:\:\\\tt 6\ 8\ V\ 8\ N\\\tt 6\ 8\ V\ 8\ N\\\tt6\ 5\ X\\\underline{\qquad\qquad\quad}&\ +\\\tt1\ 3\ 8\ N\ 1\ Y\\\end{aligned}$}[/tex]

Untuk mendapatkan nilai [tex]\verb|X|[/tex], kita tidak perlu menyelesaikan secara lengkap, karena dengan [tex](S, I, X)[/tex] membentuk deret aritmatika, kita tahu bahwa [tex]\verb|X| = 4[/tex].

KESIMPULAN

∴  Angka yang dilambangkan oleh SIX adalah 654.

__________________________

Penyelesaian Selanjutnya

Pada digit ratusan, setelah diketahui bahwa ada carry bernilai 2, maka:

[tex]\begin{array}{cccccccc}&(2+2\cdot7+6)& \le &N& \le &2+2\cdot9+6\\&\mod10&&&&\mod10\\\rightsquigarrow\ &2+14+6& \le &N& \le &2+18+6\\&\mod10&&&&\mod10\\\rightsquigarrow\ &22& \le &N& \le &26\\&\mod10&&&&\mod10\\\rightsquigarrow\ &\bf2& \le &N& \le &\bf6\\\end{array}[/tex]

Karena [tex]\verb|I| = 5[/tex], [tex]\verb|X| = 4[/tex], dan penjumlahan pada bilangan satuan tidak menghasilkan carry, maka [tex]2N+4[/tex] yang mungkin adalah 8, sehingga [tex]\verb|Y| = 8[/tex]dan [tex]\verb|N| = 2[/tex]. Namun, jika kita konsisten terhadap deskripsi persoalan, maka nilai Y tidak boleh sama dengan 8, karena 8 sudah diwakili oleh [tex]\verb|E|[/tex]. Sebaliknya, jika dua atau beberapa huruf dapat mewakili angka yang sama, maka penjumlahan bersusun tersebut secara lengkap adalah:

[tex]\large\text{$\begin{aligned}\tt1\ 1\ 2\ 2\quad\ \ \\\tt6\ 8\ 7\ 8\ 2\\\tt6\ 8\ 7\ 8\ 2\\\tt6\ 5\ 4\\\underline{\qquad\qquad\quad}&\ +\\\tt1\ 3\ 8\ 2\ 1\ 8\\\end{aligned}$}[/tex]

[answer.2.content]